Kemampuan
matematika merupakan hasil dari proses belajar matematika . Menurut Gagne
(dalam Suyitno, Amin. 2004) bahwa: Hasil belajar matematika adalah
kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar
matematikanya atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar matematika adalah
perubahan tingkah laku dalam diri siswa, yang diamati dan diukur dalam bentuk
perubahan pengetahuan, tingkah laku, sikap dan keterampilan setelah mempelajari
matematika. Perubahan tersebut diartikan sebagai terjadinya peningkatan dan
pengembangan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.
Dari definisi di atas, serta definisi-definisi tentang
belajar, hasil belajar, dan matematika, maka dapat dirangkai sebuah kesimpulan
bahwa kemampuan matematika adalah merupakan tolak
ukur atau patokan yang menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui
dan memahami suatu materi pelajaran matematika setelah mengalami
pengalaman belajar yang dapat diukur melalui tes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar